5 Hal yang Menjadi Tantangan Untuk Marketing Online

Marketing online akan selalu mengalami perubahan karena dunia internet berubah dengan cepat. Bahkan, sebuah tren yang sangat menarik pun, umumnya hanya bertahan selama beberapa bulan saja. Sebabnya, akan selalu bermunculan produk, layanan dan tren baru dalam dunia digital.

Contohnya, apakah Anda masih ingat media sosial Friendster dan MySpace yang dulu sempat booming lalu kini sudah meredup? Nah, maka dari itu, seorang online marketer harus selalu siap menghadapi tantangan seperti berikut ini.

Tantangan Marketing Online dari Segi Teknis

Pengelolaan Media Sosial

Media sosial merupakan alat pemasaran online yang sangat penting. Namun, tidak sedikit bisnis yang belum berhasil memasarkan produk dan jasanya melalui media sosial. Baik itu bisnis dengan skala besar maupun kecil.

Yang perlu Anda temukan solusinya adalah jenis konten yang Anda ciptakan, bagaimana caranya membuat konten menarik, seberapa sering Anda harus posting, siapa yang akan mengerjakannya. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan tenaga khusus untuk mengelola media sosial.

Mengoptimalkan SEO

Perusahaan Search Engine Optimization (SEO) juga menghadapi kendala yang cukup menantang. Mulai dari perubahan algoritma hingga kurangnya data untuk keyword. Ini membuat hasil dari penerapan SEO masih belum maksimal.

Sebenarnya, kuncinya adalah jangan terpaku pada peringkat website di mesin pencarian, serta selalu ciptakan konten yang menarik dan tidak hanya sekedar untuk mengoptimalkan SEO saja. Selalu ikuti keinginan konsumen sehingga mereka akan terus kembali pada website Anda, dan bahkan merekomendasikannya pada orang lain.

Tantangan Marketing Online dari Segi Target Audiens

Penggunaan Platform yang Berbeda

Salah satu tantangan terbesar online marketing adalah melacak pembelian pelanggan. Saat pelanggan membeli produk Anda, akan sulit untuk mengetahui dari mana asal muasal mereka mengetahui tentang usaha Anda.

Bisa jadi, pelanggan menemukan usaha Anda dari Facebook atau Google. Namun, mereka akan langsung menuju ke website Anda untuk membeli produk Anda. Mencari tahu platform pertama yang menarik pelanggan tersebut kadang bisa menjadi kendala yang cukup memusingkan.

Mengoptimalkan Tampilan Mobile

Ponsel mengalami revolusi dari masa ke masa. Seperti disampaikan mantan CEO Google, Eric Schmidt, bahwa tren mobile telah menang. Kini, orang-orang menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk mengakses website.

Hal tersebut disebabkan karena mereka beralih ke ponsel yang dianggap lebih praktis dan nyaman. Oleh karena itu, mobile experience atau pengalaman seluler untuk audiens Anda sangatlah penting.

Yang menjadi tantangan adalah Anda harus selalu siap membuat tampilan mobile yang ringan, responsif, namun tetap menarik. Pasalnya, pengguna mobile umumnya lebih tidak sabaran dan ingin mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang berbeda.

Bersaing Ketat dengan Kompetitor

Seiring perkembangan setiap bisnis dalam mengelola pemasaran online-nya, maka konsumen diberikan pilihan yang semakin banyak pula. Apalagi mereka dimudahkan dengan kehadiran internet, sehingga dapat mengakses website dan media sosial Anda di mana saja dan kapan saja.

Jadi, jika Anda menjual produk yang sama dengan harga yang sama kepada konsumen yang sama pula, bagaimana caranya memenangkan kompetisi tersebut dari saingan bisnis Anda? Inilah yang perlu Anda cari solusinya sebagai online marketer. Bisa jadi, tantangan satu ini akan semakin sulit seiring pesatnya perkembangan dunia digital.

Kesimpulan

Marketing online akan selalu menghadapi tantangan. Namun, jika Anda mempelajari perubahan yang terjadi dalam dunia digital, dan selalu mengembangkan strategi baru, maka selalu ada jalan untuk menemukan solusinya. Kuncinya adalah memikirkan strategi jangka panjang yang bisa diterapkan untuk membantu mencapai tujuan Anda.

Iklan