7 Faktor Paling Penting dalam Mengembangkan Online Startup

Kesuksesan dapat terwujud berkat upaya serta kerja keras Anda sendiri. Cara Anda bekerja, menjalankan pola hidup, keyakinan yang dimiliki, semuanya adalah faktor yang dapat menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak.

Sederhananya, jika Anda menjalankan kebiasaan yang tepat, maka peluang kesuksesan untuk Anda juga semakin meningkat. Hal tersebut juga berlaku untuk startup yang Anda bangun. Coba perhatikan faktor penting untuk mengembangkan startup berikut ini.

1. Mengelola Klien dan Jam Kerja

  • Hindari Klien yang Merugikan

Anda tidak harus mengambil semua job yang datang, kok. Selalu utamakan hubungan personal Anda dengan klien, karena begitu project berjalan dan makin banyak tekanan, semakin terguncang pula hubungan Anda dengan klien. Bila Anda dan klien bisa selalu menjaga keharmonisan, maka mereka adalah klien yang cocok untuk Anda.

  • Menyelesaikan Tantangan yang Sulit

Banyak startup yang membuat aturan tertentu serta membatasi hal-hal yang bisa dan tidak bisa dikerjakan. Justru, ini akan membuat startup Anda tidak berkembang. Meski selektif memilih klien, namun terima project yang menantang sebanyak-banyaknya asalkan masih dalam kapasitas Anda. Ini dapat mengembangkan potensi startup Anda.

  • Bekerja di Jam Kerja Produktif

Sebagai pemilik startup, Anda akan memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda bisa memilih sendiri jam kerja yang paling produktif. Apakah itu pagi hingga siang hari, sore hari, atau malam hari. Tidak perlu pula bekerja sampai 20 jam sehari demi kesehatan. Jika dengan bekerja 4-6 jam sehari, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, maka lakukanlah.

2. Meningkatkan Soft Skill

  • Buat Keputusan untuk Jangka Panjang

Saat membangun startup, Anda ingin usaha Anda berjalan untuk jangka panjang, bukan? Maka, selalu buat keputusan yang menguntungkan bisnis Anda tidak hanya untuk sekarang, tetapi untuk minggu-minggu dan bulan-bulan berikutnya. Buatlah rencana, kemudian lakukan langkah-langkah kecil untuk mewujudkan tujuan Anda.

  • Menemukan Motivasi yang Tepat

Startup yang tidak memiliki pondasi tepat akan selalu goyah, bahkan sejak hari pertama berdiri. Coba sejenak Anda berhenti memikirkan tentang gajinya. Lupakan kompetisi dengan saingan. Berhenti memikirkan cara paling cepat untuk meraih keuntungan.

Lakukan apa yang Anda sukai dan penghasilan uang tersebut akan mengikuti dengan sendirinya. Berikan motivasi kepada diri sendiri untuk mengubah kehidupan orang banyak, dengan memberikan manfaat kepada mereka. Bangun loyalitas dan kepercayaan klien terhadap startup Anda.

  • Selalu Sempatkan Tea Break Atau Coffe Break

Tidak perlu tegang menghadap layar laptop terus, luangkan waktu untuk rileks sejenak dengan tea break atau coffee break. Kalau Anda terlalu sibuk bekerja, bisa-bisa Anda kelelahan dan performa justru akan menurun.

Ajak tim Anda untuk bersantai di sela jam kerja. Minum teh, kopi, sambil ngemil jajan seperti biskuit bisa membuat Anda dan tim jadi makin rileks. Setelah pikiran segar kembali, waktunya untuk bekerja lagi dengan produktif.

  • Berani Melakukan Kesalahan

Membangun startup itu seperti berjalan di terwongan yang gelap. Anda tidak tahu apa yang akan dihadapi, di mana ujungnya, dan tidak ada petunjuk agar bisa cepat sampai tujuan. Jadi, mengelola startup bukan tentang selalu melakukan hal yang benar.

Coba resapilah ini, saat kecil kita tidak belajar berjalan dengan mengikuti aturan, namun kita belajar dengan mempraktikkannya sambil terjatuh berkali-kali. Nah, ada banyak hal

Iklan