Langkah-Langkah Jitu Memulai Bisnis Online untuk Pertama Kali

Ada urutan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis online. Jika melakukannya dengan tepat, maka Anda pun bisa sukses dalam menjalankan bisnis Anda. Baik Anda sudah berpengalaman di dunia marketing digital, maupun seorang pemula yang baru pertama kali mencoba. Simak langkah-langkah memulai bisnis online.

Membuat Website dan Rencana Bisnis

Mencari Sesuatu yang Dibutuhkan Banyak Orang

Menurut Enterpreneur, cara yang tepat adalah mencari target pasar agar Anda bisa memberikan solusi kepada masyarakat. Caranya, Anda bisa mengunjungi forum online, lihatlah permasalahan apa yang paling banyak diperbincangkan.

Lakukan juga riset keyword untuk mengetahui apa yang paling banyak dicari. Perhatikan pula kompetitor Anda dengan mengunjungi website mereka dan catat apa yang mereka lakukan untuk memenuhi keinginan pelanggan.

Tulis Copy yang Memiliki Nilai Jual

 

Deskripsi produk yang baik akan menarik calon pelanggan hingga membeli produk atau layanan Anda. Mulai dari headline-nya, bagaimana produk atau layanan Anda memberikan solusi, cantumkan testimoni, jelaskan kelebihan produk Anda, dan berikan garansi. Semuanya dapat disampaikan melalui uraian penjelasan dalam bentuk tulisan.

Merancang Desain Website

Begitu Anda selesai dengan rencana produk dan pemasaran, juga sudah menentukan cara penjualan, kini waktunya Anda membuat desain web untuk bisnis kecil Anda. yang perlu diingat adalah desain web yang menarik yaitu simpel namun bermakna. Sebab, Anda membutuhkan waktu kurang dari lima detik untuk menarik perhatian audiens.

Jika dalam waktu lima detik melihat website Anda, audiens tidak merasa tertarik, maka mereka akan langsung meninggalkannya. Salah satu kunci paling dasar adalah memilih background putih dengan font standar, serta mencantumkan grafis, audio dan video pada postingan Anda.

Mengelola Web untuk Membangun Brand

Menggunakan Search Engine untuk Menarik Target Pembeli

Iklan pay-per-click adalah cara termudah untuk mendapatkan trafik pada website yang masih baru. Ada dua kelebihannya, yang pertama PPC langsung muncul di halaman pencarian, dan yang kedua iklan PPC memudahkan Anda untuk menguji bermacam-macam keyword, judul, harga dan cara penjualan.

Jadi Anda tidak hanya mendapatkan pengunjung web secara langsung, namun juga bisa menemukan keyword yang paling menarik audiens, melalui PPC. Lalu, Anda bisa menerapkan keyword tersebut di website untuk meningkatkan peringkatnya pada hasil pencarian secara organik.

Mengenalkan Website dengan Branding

Orang-orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Sediakan informasi tersebut secara gratis untuk masyarakat. Jika itu gratis maka besar kemungkinan bisa menarik lebih banyak audiens, sehingga peringkat website Anda pada hasil mesin pencarian juga semakin meningkat.

Ciptakan artikel, video, ebook atau konten apapun yang sekiranya bermanfaat untuk orang banyak. Sebarkan pula materi tersebut melalui situs media sosial. Cantumkan pula tautan “share” atau “bagikan” supaya audiens bisa membagikan postingan Anda dengan mudah. Cara-cara ini adalah upaya branding sekaligus menjalin relasi bisnis.

Menggunakan Email Marketing

Keanggotaan untuk website Anda menjadi salah satu aset paling berharga untuk bisnis online Anda. Pelanggan yang telah subscribe akan berlangganan email dari Anda secara berkelanjutan. Artinya, mereka menaruh kepercayaan pada website Anda dan ingin memiliki koneksi dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, isi dari email marketing sangat penting. Anda bisa memasarkan produk dan layanan dengan lebih efektif dan tentunya lebih hemat biaya. Kirimkan newsletter secara berkala setiap minggu atau tiap bulan, untuk memberitahukan penawaran dan promosi menarik dari Anda untuk pelanggan. Ini bisa menjadi prospek yang menjanjikan. Semoga berhasil.

Iklan